Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar

Ladies, ternyata membersihkan telinga tidak boleh sembarangan. Anda harus lebih berhati-hati agar tidak merusak organ pendengaran Anda. Berikut ini ada beberapa tips untuk membersihkan telinga dengan aman.

Kotoran yang ada di daun telinga bisa berasal dari debu, kulit mati, dan sisa sabun, seperti informasi yang dilansir lovira.com. Untuk membersihkannya, cukup dengan menggosoknya saat mandi atau membersihkannya menggunakan tisu dan kain basah.

Sedangkan kotoran yang ada di dalam telinga berasal dari cairan yang berfungsi untuk membersihkan telinga. Saat membersihkan telinga bagian dalam, gunakan alat yang lembut misalnya cotton bud. Alat yang keras dapat melukai telinga Anda dan alat yang tidak bersih bisa menyebabkan masuknya bakteri ke telinga.

Cara membersihkannya pun tidak boleh sembarangan. Jika Anda ingin membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga, jangan mengorek terlalu dalam. Jika terlalu dalam, kemungkinan akan melukai indera pendengaran Anda. Jangan pula mengorek telinga dengan cara memutar karena kemungkinan kotoran akan semakin masuk ke dalam dan akhirnya menumpuk dan membatu. Ini akan sangat berbahaya dan jika terjadi segera konsultasikan ke dokter Anda.

Selain itu, jangan membersihkan telinga terlalu sering. Menurut informasi yang dilansir situs kesehatan96.blogspot.com, membersihkan telinga terlalu sering dapat menyebabkan kelenjar minyak yang ada di dalam telinga mengeluarkan minyak terlalu banyak.

Nah, Ladies! Itulah ulasan singkat mengenai cara membersihkan telinga dengan baik dan aman. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Oleh: Rani Rahma

Sumber: http://www.vemale.com/topik/penyakit-wanita/39498-cara-membersihkan-telinga-dengan-benar.html
/[ 0 komentar Untuk Artikel Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar ]\

Posting Komentar